Senin, 25 April 2016

Karakteristik Kurikulum Pendidikan Islam


}Kurikulum pendidikan Islam haruslah sesuai dengan fithrah manusia

}Kurikulum yang disusun hendaknya diarahkan untuk mencapai tujuan akhir dari pendidikan Islam, yaitu terwujudnya manusia berpribadi muslim

}Pentahapan serta pengkhususan kurikulum haruslah memperhatikan periodesasi perkembangan peserta didik dengar ciri khasnya masing-masing, seperti usia, lingkungan, kebutuhan, jenis kelamin, dan sebagainya
 
}Penyusunan kurikulum, disamping harus memperhatikan kebutuhan individual, juga harus memperhatikan kebutuhan umat Islam secara kolektif (jama’iy)

}Secara keseluruhan struktur dan organisasi kurikulum tersebut tidak bertentangan dan tidak menimbulkan pertentangan, bahkan sebaliknya justru terarah kepada pola hidup yang Islami.

}Kurikulum pendidikan Islam adalah kurikulum yang realistik.

}Kurikulum pendidikan Islam adalah kurikulum yang komprehensif, dalam arti bahwa didalamnya mencakup aspek pengembangan jasmani, aqli dan rohani. Kurikulum pendidikan Islam adalah kurikulum yang dibangun diatas prinsip kontinuitas, dalam arti bahwa masing-masing bagian dalam kurikulum itu saling berkesinambungan, baik secara vertikal (penjenjangan, tahapan) maupun secara horizontal (pendalaman).
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar